Powered By

Powered by Blogger

Welcome to bi05cience community. bi05cience Undergraduate Students year 2005. Komunitas mahasiswa Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jumat, 14 November 2008

Minum Kopi Setiap Hari Melindungi Otak

Dapat postngan di milist, diposting oleh Yudhi R, asal postingannya gak tau darimana hanya linknya ada di BBC News

Riset menunjukkan bahwa kopi bisa mengurangi risiko kena penyakit Alzheimer (pikun) di usia tua karena memblokir kerusakan di otak yang disebabkan kolesterol.

Kopi sudah dikaitkan dengan frekuensi penyakit Alzheimer yang lebih rendah, dan sebuah studi oleh peneliti AS yang diterbitkan di Journal of Neuroinflammation (Jurnal Inflamasi Otak) bisa menjelaskan kenapa. Di otak ada yang disebut blood brain barrier (sawar darah otak). Fungsinya adalah untuk melindungi otak dari zat-zat di dalam darah yang berbahaya. Di dalam percobaan, sawar darah otak lebih kuat di dalam kelinci yang diberikan kuantitas kopi yang setara dengan satu cangkir per hari.

Ternyata, kafein merupakan obat yang paling aman untuk memperkuat sawar darah otak. Sebagian studi yang lain menunjukkan bahwa kolesterol bisa membuat sawar darah otak agak “bocor” dan kondisi ini bisa membantu timbulnya penyakit Alzheimer. Di dalam tes, kelinci yang diberikan diet kolesterol tinggi selama 12 minggu dan sekaligus minum kopi, punya sawar darah otak yang jauh lebih kuat dibandingkan kelinci yang tidak minum kopi. Kolesterol tinggi juga merupakan salah satu indikator akan timbul Alzheimer, mungkin karena kolesterol merusak sawar darah otak.

Kesimpulannya: kalau mau punya otak yang sehat, tidak ada pilihan selain minum kopi setiap hari. Kafein juga ada dalam coklat, jadi jangan takut makan coklat juga ya. Dan kalau iortu marah karena kamu pulang malam setelah ngopi sama teman-teman , bilang saja habis berobat! Hehehe

Artikel pada kategori yang sama